Informasi Hubungi cs@batik.or.id

Batik Oey Soe Tjoen Kedungwuni

Share on Facebook
Pocket
Bookmark this on Google Bookmarks

Batik Oey Soe Tjoen Kedungwuni ini adalah pengusaha batik dari kalangan cina peranakan yang menghasilkan batik paling halus dan paling indah dimasa keemasan batik tulis adalah Oey Soe Tjoen yang mulai usahanya pada tahun 1930. Istrinya Kwee Tjoan Giok Nio atau Kwee Nattie memainkan peran pentinya dalam memajukan usahanya naun kalau ia menandatangi batik keluaran mereka dengan namanya sendiri batik itu tidak selarik klo di kasih nama suaminya. Akhirnya batik keluaran mereka seluruhnya di kasih nama suami.

Keduanya bersal dari keluarga pengusaha batik tetapi bukan batik tulis melainkan batik cap Oey dari kedungwuni berada beberapa kilometer dari kota pekalongan dan istrinya bersal dari batang di duga pembatiknya mereka yang di pekerjakan sekitar 150 orang lebih besar dari batikan E. van Zuylen yang menghasilkan batik belanda di pekalongan pada waktu itu

Usaha pembatikan mereka diteruskan oleh anak mereka, Muljadi Widjaya dan istrinya, M.Istiyanti Setiono. Cucu perempuan mereka, Oey Kiem Lian kini sudah terjun ke bisnis itu juga. Sebenarnya banyak juga pembatik terkemuka yang terpaksa menghentikan usahanya karna keturunanya lebih suka memilih bidang usaha atau pekerjaan lain. Didaerah pekalongan, pembatikan sejak dulu di kelola oleh wanita. Mistiyanti Setiono yang sampa ssat ini masib berusaha menghidupkan batik tulis halus, mendapat didikan dari mertuanya, Kwee Nettie.

di ulas dari buku Batik Besisir Pusaka Indonesia koleksi Hartono Sumarsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us





Nama (dibutuhkan)

Alamat Email (dibutuhkan)

Alamat/Office

No. Telp/HP

Keperluan

Masukan Pesan

captcha

Atau silahkan kirim email ke

cs@batik.or.id

Contoh Batik Pekalongan

Contoh Batik Motif Cirebon

Contoh Batik Solo

Contoh Batik Motif Laseman

Like Us Facebook

Trafficking Batik Foundation