Informasi Hubungi cs@batik.or.id

Definisi Batik Motif Sawat

Share on Facebook
Pocket
Bookmark this on Google Bookmarks

Batik Motif sawat dapat kita temui di daerah pekalongan dan solo batik motif sawat artinya berarti melempar. Pada zaman dahulu orang jawa punya kepercayaan dengan para dewa sebagai kekuatan yang mengendalikan alam semesta dan salah satu dewa tersebut adalah Batara Indra dewa ini mempunyai senjata yang disebut warja atau barja yang berarti pula thatit (kilat) senjata tersebut digunakan dengan cara melemparkannya (disawatake dalam bahasa jawa)

Bentuk senjata batara indra tersebut menyerupai seekor ular yang bertaring tajam serta bersayap atau dalam bahasa jawa lar dan bila di lemparkan keudara senjata ini akan menyambar nyambar dan mengeluarkan suara yang sangat kuat dan menakutkan

Walaupun menakutkan, wajra juga mendatangkan kegembiraan sebab dianggap sebagai pembawa hujan. Senjata pusaka Batara Indra ini diwujudkan ke dalam motif batik berupa sebelah sayap dengan harapan agar si pemakai selalu mendapatkan perlindungan dalam kehidupannya.
asal pertama daerah motif batik ini tidak diketahui, namun pada perkembanganya motif batik ini berkembang di seluruh jawa dan berkembang pesat di daerah pekalongan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us





Nama (dibutuhkan)

Alamat Email (dibutuhkan)

Alamat/Office

No. Telp/HP

Keperluan

Masukan Pesan

captcha

Atau silahkan kirim email ke

cs@batik.or.id

Contoh Batik Pekalongan

Contoh Batik Motif Cirebon

Contoh Batik Solo

Contoh Batik Motif Laseman

Like Us Facebook

Trafficking Batik Foundation