Informasi Hubungi cs@batik.or.id

Sejarah Asal Usul Keberadaan Batik

Share on Facebook
Pocket
Bookmark this on Google Bookmarks

Jika ditelusuri dari historinya, batik telah ada sejak abad ke XVII dimana waktu itu nenek moyang kita telah mengenal sistem melukis pada permukaan daun lontar. Sementara itu secara etimologis batik berasal dari bahasa Jawa, yakni amba berarti menulis dan kata titik. Motif batik terus mengalami perkembangan sejak mula asal batik tercatat dalam sejarah. Penciptaan batik mula-mula memanfaatkan semua bahan alami dimana kainnya ditenun dengan tangan dan bahan pewarna yang gunakan pun berasal dari tumbuhan seperti soga, nila, dan pohon mengkudu. Begitu pula dengan soda yang terbuat dari soda abu dan garamnya berasal dari lumpur. Kala itu kain batik sangat terbatas karena hanya dikenakan oleh keluarga bangsawan pada zaman kerajaan.

asal usul batik di indonesiaLambat laun kreativitas seni batik mulai dipraktikkan oleh kalangan terdekat kerajaan dan terus meluas hingga wilayah rakyat biasa. Kaum perempuan menekuni pekerjaan membatik sebagai pengisi waktu luang. Dan kain batik pun menjadi pakaian yang semakin digemari dan banyak diperdagangkan. Selanjutnya, asal usul batik mendapat beragam pengaruh sesuai yang terjadi pada kehidupan masyarakat saat itu. Seni batik yang memiliki fleksibilitas tinggi mampu menyerap ragam pengaruh itu dan menceritakan segala hal yang terjadi pada setiap masa. Tidak sekadar kronologi peristiwa yang terangkum dalam kekayaan corak batik, melainkan juga pesan moral yang membimbing manusia ke arah budi pekerti luhur.

Daya serap budaya pada batik bukan berarti bahwa batik tidak memiliki suatu batasan nilai. Buktinya batik tradisional hingga kini masih mempertahankan corak dan setiap makna yang umum dipakai pada acara-acara adat. Pada masyarakat pesisir, batik mengalami akulturasi budaya namun tetap mencerminkan keharmonisan. Tepatnya ketika bangsa asing mulai masuk ke nusantara melalui aktivitas perdagangan. Bahan batik dan ragam coraknya mulai berubah dengan pengaruh yang dibawa oleh pedagang asing, bahkan batik turut merangkum sejarah penjajahan yang dialami bangsa Indonesia. Sedangkan masuknya etnis Tionghoa turut memperkaya khazanah batik Indonesia dengan warna-warna yang cerah dan munculnya motif burung phoenix.

Sementara hadirnya bangsa Eropa yang juga berminat pada batik turur memprakarsai lahirnya corak bunga-bunga dan berbagai jenis penampakan benda yang dibawa oleh mereka. Meskipun batik berasal bermula dari pulau Jawa dan hingga kini kota-kota di Jawa masih menjadi sentra utama perkembangan batik, namun dengan bersatunya bangsa ini atas nama negara Indonesia telah menjadikan batik sebagai warisan milik bersama. Kini batik dikenakan oleh semua orang tanpa mengenal latar belakang suku, ras, dan agama, juga tanpa terkotak-kotakan berdasarkan asal batik yang dikenakan. Bahkan batik telah mendapat pengakuan UNESCO sebagai world heritage yang harus dijaga kelestariannya. Untuk itu dibutuhkan komitmen nyata untuk menjaga warisan nenek moyang yang indah dan bernilai tinggi.

3 responses to “Sejarah Asal Usul Keberadaan Batik”

  1. Sementara hadirnya bangsa Eropa yang juga berminat pada batik turur memprakarsai lahirnya corak bunga-bunga dan berbagai jenis penampakan benda yang dibawa oleh mereka. Meskipun batik berasal bermula dari pulau Jawa dan hingga kini kota-kota di Jawa masih menjadi sentra utama perkembangan batik, namun dengan bersatunya bangsa ini atas nama negara Indonesia telah menjadikan batik sebagai warisan milik bersama. Kini batik dikenakan oleh semua orang tanpa mengenal latar belakang suku, ras, dan agama, juga tanpa terkotak-kotakan berdasarkan asal batik yang dikenakan. Bahkan batik telah mendapat pengakuan UNESCO sebagai world heritage yang harus dijaga kelestariannya. Untuk itu dibutuhkan komitmen nyata untuk menjaga warisan nenek moyang yang indah dan bernilai tinggi. (sumber :http://batik.or.id/sejarah-asal-usul-keberadaan-batik/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us





Nama (dibutuhkan)

Alamat Email (dibutuhkan)

Alamat/Office

No. Telp/HP

Keperluan

Masukan Pesan

captcha

Atau silahkan kirim email ke

cs@batik.or.id

Contoh Batik Pekalongan

Contoh Batik Motif Cirebon

Contoh Batik Solo

Contoh Batik Motif Laseman

Like Us Facebook

Trafficking Batik Foundation